Santo Simon Zealot


Lahir: --
Meninggal: 65 (atau 107)
Pesta: 28 Oktober

Simon Zealot adalah salah satu dari 12 rasul Tuhan Yesus dan dilambangkan dengan buku. Zealot bukan bagian nama Santo ini, namun "Zealot" ditambahkan di namanya untuk membedakan dengan Simon Petrus dan karena kepatuhannya terhadap Hukum Yahudi. Ada juga yang menambahkan kata "Kananaios" atau "Kananites", yang merupakan terjemahan bahasa ibrani qana yang berarti " Zealous"; artinya "Yang Tekun" . Beberapa ahli menduga bahwa Simon Zealot, Yudas Tadeus, dan Yudas Iskariot dulunya adalah bagian dari sekte agama "pejuang kebebasan"; suatu gerakan yang membenci pemerintahan Roma di tanah Yudea. 

Pada tulisan-tulisan awal gereja, nama Simon sering muncul di beberapa tulisan Gereja. Beberapa abad setelah injil ditulis, Santo Jerome salah mengira Simon ini sebagai orang Kana sehingga menamakannya Simon the Cananite atau Simon the Cananaean. Kesalahan ini yang memicu Orang Yunani Koptik dan Etiopia, menamakan Simon Zealot sebagai Natanael dari Kana. Nama tersebut erat kaitannya dengan peristiwa Pernikahan di Kana. Ada anggapan bahwa pengantin pria tersebut sangat terpesona dengan mujizat pertama kali dari Tuhan Yesus; air menjadi anggur; sehingga ingin menjadi muridNya. Sedangkan di beberapa tempat lain ada yang memanggilnya Simon Klopas. 

Bersama Yudas Tadeus, Simon Zealot menyebarkan injil di Mesir, Persia, dan Etiopia. Tentang kematiannya, tidak ada data yang jelas. Beberapa kematiannya disebutkan demikian:
  1. Musa Korene (abad Ke-15), mati sebagai martir di Kerajaan Iberia
  2. Tradisi Timur: Mati karena tua di Edessa
  3. Beberapa tulisan: Mati disalib di abad 61 di Inggris
  4. Justus Lipsius (abad Ke-16), mati digergaji menjadi dua.
  5. Beberapa tradisi: mati di Persia sebagai martir abad 65

Fakta-fakta menarik tentang Simon Zealot adalah: Ia dan Yudas Tadeus adalah sepupu Yesus. Arti Zealot pada namanya dapat mengacu pada berbagai hal, yaitu artinya: 
  1. Zealot: Sekte Yahudi, pemberontak, yang berusaha menggulingkan pemerintahan Roma dengan menghadirkan sosok Mesias
  2. Zealous: Orang yang sangat tekun dan patuh pada Hukum Musa
  3. Zealous: Orang yang sangat tekun mendalami ajaran dan pengajaran Yesus

Santo Simon Zealot Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer
Powered by Blogger.