Beata Laura Vicuna


Lahir: 5 April 1891
Meninggal: 22 Januari 1904

Laura Vicuna dilahirkan di Santiago, Chile, 5 April 1891, anak dari Joseph Domenico dan Mercedes Pino. Keluarganya harus pergi dari Santiago ke Temuco karena terjadi revolusi. Joseph segera meninggal disana dan Mercedes serta kedua anaknya pergi ke Argentina. Mercedes bekerja pada Manuel Mora, pemilik pemondokan. Manuel memanfaatkan Mercedes sebagai istri tanpa ikatan pernikahan, sebagai gantinya ia membiayai pendidikan Laura di sekolah katolik the Hijas de Maria Auxiliadora. Sekolah inilah yang membuat kehidupan religius Laura bertambah. Ia ingin menjadi biarawati, tetapi Manuel sering memukulinya agar Laura melupakan keinginannya itu.

Setelah menerima komuni pertama pada 2 Juni 1901, Laura ingin melayani orang-orang miskin dan ingin mati dalam keadaan kudus. Laura telah menaruh perhatian terhadap masalah-masalah keluarga, bahkan selalu berdoa untuk pertobatan ibunya.

Suatu ketika, ia ingat akan sabda Yesus, “Tidak ada kasih yang lebih besar dari kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.” Laura memutuskan untuk mempersembahkan seluruh hidupnya untuk keselamatan hidupnya. Laura yang sedang sakit paru-paru berkata pada ibunya, “Mama, saya menyerahkan hidupku untuk Mama. Sebelum saya meninggal, bolehkan saya bergembira melihat Mama bertobat?”

Jawab Mamanya, “Saya berjanji melakukan apapun yang kamu minta. Allah adalah saksi atas janjiku ini.”

Laura kembali berkata, “Terima kasih Yesus. Terima kasih Bunda Maria. Selamat tinggal Mama.”

Laura meninggal dengan tenang dan tersenyum pada 22 Januari 1904 setelah menanggung penderitaan atas sakitnya sebagai silih untuk mamanya. Proses kanonisasi mulai dilakukan pada tahun 1950 oleh suster Cecilia, tetapi Suster Cecilia Genghini meninggal terlebih dahulu sebelum proses selesai. Suster Ofelia del Carmen Lobos Arellano menderita kanker paru-paru, ia berdoa pada Tuhan lewat perantaraan Laura pada Agustus 1955. Beberapa waktu kemudian, penyakitnya hilang. Pada 3 Desember 1988, Paus Yohanes Paulus II membeatifikasi Laura.

Beata Laura Vicuna Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer
Powered by Blogger.